Sabtu, 04 Februari 2012

Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat Jaringan Komputer

Kegunaan / Manfaat Jaringan Komputer Untuk Kebutuhan Perusahaan dan Umum

manfaat jaringan komputerKetika kita mengaplikasikan sesuatu tentu mempertimbangkan asas kegunaan dan manfaatnya, tak terkecuali memasang jaringan komputer tentunya memiliki alasan atau pertimbangan dari segi kegunaan dan  Manfaat jaringan komputer. Manfaat jaringan komputer bagi pengguna dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  1. Manfaat jaringan komputer untuk kebutuhan perusahaan / bisnis
  2. Manfaat jaringan komputer untuk pengguna rumahan / umum
Sebelum kita lanjut bahasan kegunaan atau  Manfaat jaringan komputer  pada masing-masing kelompok pengguna, perlu kita ketahui ada 3 alasan apa Manfaat jaringan komputer  secara umum?
Secara umum terdapat 3 asas kegunaan dan Manfaat jaringan komputer yaitu
  1. Resource sharing : Manfaat jaringan komputer sebagai sumber berbagi data, informasi dan peripheral. Bukan hanya itu sharing internet juga bisa dilakukan.
  2. Saving Money : dengan Manfaat jaringan komputer, penghematan biaya atau cost untuk pembelian hardware bisa ditekan karena peralatan feripheral bisa dipakai bersama.
  3. High reliability (kehandalan tinggi): Manfaat jaringan komputer  dari segi kehandalan, Sistem Informasi Manajemen dan kemanan data terpadu dapat diterapkan karena setiap komputer client bisa dikendalikan dari satu tempat  melalui aplikasi Remote Acces client.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Kebutuhan Perusahaan / Bisnis

Ketika bisnis berkembang, komunikasi yang baik antara karyawan sangat penting. Manfaat jaringan komputer dapat meningkatkan efisiensi dengan berbagi informasi seperti file umum, database dengan penggunaan perangkat lunak jaringan komputer dan infrastruktur IT bisa dilakukan. Evaluasi berkala, laporan keuangan, dsb bisa dilakukan secara jarak jauh, bahkan bisa mengendalikan komputer dari jarak jauh. Manfaat jaringan komputer lainnya adalah memungkinkannya teleconfrence atau rapat/tatap muka dari jauh.
Secara terinci manfaat jaringan komputer untuk perusahaan / bisnis adalah
  1. manfaat jaringan komputer, meningkatkan komunikasi dengan menghubungkan antar  komputer  dan dapat bekerja pada sistem standar, sehingga  staf, pemasok dan pelanggan dapat berbagi informasi dan berkomunikasi lebih mudah
  2. berbagi informasi, akses jaringan dapat membuat bisnis lebih efisien – misalnya hubungan pusat  database umum dapat menghindari  input  data yang sama yang diketikkan beberapa kali, yang hanya akan membuang waktu dan bisa mengakibatkan kesalahan
  3. staf lebih siap untuk berurusan dengan pertanyaan dan memberikan standar pelayanan yang lebih baik sebagai hasil dari berbagi data dengan pelanggan
  4. jaringan komputer dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dengan menyimpan informasi dalam satu database terpusat dan perampingan praktik kerja, sehingga:
    • dengan  jaringan komputer staf dapat menangani lebih banyak pelanggan pada waktu yang sama dengan mengakses database pelanggan
    • dengan jaringan komputer, administrasi produk bisa dilakukan secara terpusat.
    •  jaringan komputer menghemat biaya karena penggunaan sharing peripheral  seperti printer, scanner, harddisk eksternal drive tape dan akses internet secara bersama-sama.
    • jaringan komputer dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan konsistensi pekerjaan, dengan manfaat jaringan komputer ini  staf memiliki semua dari satu sumber informasi, dapat dibuat ketersediaan versi manual yang didukung dari sebuah titik terpusat, sehingga memastikan konsistensi.

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Kebutuhan Rumahan/Umum

Manfaat  jaringan komputer (baik kabel ataupun  wireless) di rumah:
  1. manfaat jaringan komputer dengan berbagi file – file antara komputer dalam  jaringan, memberikan flexibilitas lebih daripada penggunaann floppy drive atau Zip drive. Tidak hanya itu manfaat jaringan komputer, dapat berbagi file musik, foto, dan dokumen,  jaringan rumah  dapat jug untuk menyimpan salinan dari semua data penting pada komputer yang berbeda. Backup adalah salah satu tugas yang paling penting namun sering diabaikan di jaringan rumah.
  2. dapat dengan berbagi printer / peripheral, dengan pengaturan sharing, printer maupun peripheral lain seperti scanner, DVDR dapat digunakan secara bersama-sama.
  3. Berbagi sambungan Internet – menggunakan jaringan rumah, beberapa anggota keluarga dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa harus membayar ISP untuk beberapa account. meskipun koneksi internet sedikit melemah karena keterbatasan bandwith yang harus dipakai bersama
  4. multi-player game – banyak permainan populer mendukung modus LAN, sehingga bisa digunakan bermain bersama temen2 atau keluarga
  5. layanan telepon Internet – layanan ini disebut Voice over IP (VoIP) memungkinkan  untuk membuat dan menerima panggilan telepon melalui jaringan Internet di rumah, selain layanan ini dapat dinikmati manfaat jaringan komputer ini dapat menghemat biaya telepon
  6.  hiburan rumah – produk hiburan rumah baru seperti perekam video digital (DVR) dan konsol permainan video sekarang mendukung kabel maupun nirkabel jaringan rumah. Memiliki produk  yang diintegrasikan ke dalam jaringan emungkinkan game Internet online, berbagi video dan fitur lanjutan lainnyan dan banyak lagi lainnya dari manfaat jaringan komputer.

                                                                                                          Posted By  Leave a Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar